Keutamaan Basmalah


Assalamu'alaikum sahabat muslim dan muslimah.

Sudah mengucapkan basmalah belum?
Sebagai muslim yang baik, sudah sepatutnya bila kita selalu mengawali hari dengan basmalah. Bukan hanya mengawali hari, tetapi setiap kali kita mau beraktifitas, mulailah dengan basmalah.
Sebagaimana Rasulullah telah bersabda dalam haditsnya, "Setiap urusan yang tidak dimulai dengan Bismillaahirrahmaanirrahiim terputuslah berkahnya." (dari tafsir Ibnu Katsir)

Nah, sudah sangat jelaskan bila Rasulullah telah menyuruh kita mengucapkan basmalah. Bukannya kita cape-cape bekerja itu hanya untuk mencari ridho Allah dan mendapatkan berkahnya. Lalu, bila berkah yang kita harapkan terputus. maka sia-sialah pengorbanan kita dalam bekerja.

Kalimat basmalah termasuk salah satu kalimat yang agung. Bukan hanya keberkahan yang akan kita dapatkan melalui kalimat basmalah ini. Namun juga keselamatan. Banyak orang yang terselamatkan oleh kalimat basmalah. Seperti, selamat dari kematian yang akibat keracunan makanan yang hendak dimakannya, selamat dari kecelakaan mobil yang ia tumpangi, dan lain sebagainya.

Sahabat, dengan mengucapkan basmalah sebelum beraktifitas, kita akan selalu mengingat Allah sepanjang aktifitas yang kita lakukan. Yang imbasnya adalah kedamaian hati yang kita dapatkan selama beraktifitas, kemudahan melaksanakan urusan, dan kesabaran hati dalam menghadapi berbagai cobaan.

Namun, bila kita lupa atau bahkan sengaja tidak mengucapkan basmalah sebelum beraktifitas. Yang ada, fikiran menjadi ruwet, mood turun drastis, dan yang pasti keberkahan tidak akan kita dapatkan.

Komentar