3 Motivasi Muslim


Assalamu'alaikum sahabat muslim :)

Di postingan kedua ini saya mau memberikan 3 motivasi hidup yang ampuh untuk menjalani hidup sebagai seorang Muslim dan Muslimah berkualitas. saya biasa menyingkatnya menjadi 3 MAN. MAN di sini bukan Madrasah Aliyah Negeri ya. Okeh baiklah, saya kasih tahu sekarang motivasi itu.

1. Man Jadda Wajada (Siapa yang bersungguh-sungguh, dia akan berhasil)

Sudah sangat umum diketahui motivasi ini oleh sebagian besar masyarakat muslim. Kalimat ini sering dijadikan banner yang biasa dipasang di pinggiran jalan. Memang sangat ampuh sekali bila kalimat ini diucapkan kepada orang-orang yang sedang berjuang meraih mimpinya. Kalian tahu novel "Ranah 3 Warna" karya Ahmad Fuadi? Seorang santri bernama Alif Fikri yang berasal dari keluarga sederhana yang selalu memimpikan pergi ke luar negeri. Di saat dia tengah berada di tengah perjalanannya dalam memperjuangkan mimpi, tiba-tiba berbagai masalah menghadang sehingga membuat dirinya menyerah. Namun, kala dia mengingat satu kalimat "Man Jadda Wajada" semangatnya kembali pulih. Sampai-sampai impiannya ke luar negeri bisa terwujud.

2. Man Shabara Zhafira (Siapa yang bersabar akan beruntung)

Cobaan selalu datang pada kehidupan setiap muslim. Dan kunci untuk membuka pintu jalan keluar dari setiap masalah yang menghadang itu hanyalah SABAR. Sungguh sabar itu adalah ilmu tingkat tinggi, belajarnya setiap hari, ketemunya setiap saat, dan ujiannya sering mendadak. Terkadang kita akan terkubur ke dalam lembah hitam kesedihan kala hati tak kuat lagi menahan setiap cobaan yang datang silih berganti. Kita seakan lupa pada Allah Yang Maha Kuasa untuk menyelesaikan setiap masalah yang menimpa kita. Namun kesedihan tetap tidak bisa dibohongi dari dalam relung hati kita. Maka dari itu, penting sekali kita mengingat satu motivasi ini. Yaitu "Man Shabara Zhafira" supaya memberikan keyakinan pada diri kita bahwa bila kita dapat bertahan dalam kesabaran, maka keberuntungan pasti akan datang menghampiri.

3. Man Sara Ala Darbi Washala (Siapa yang berjalan di jalannya akan sampai ke tujuan)

Motivasi yang terakhir ini sangat jarang diketahui orang. Sampai sekarang belum pernah saya temui sebuah banner yang menulis "Man Sara Ala Darbi Washala". Dalam menjalani hidup yang islami, kita sering disebut aneh, norak, bahkan dianggap sesat atau sebagainya. Tetapi, tetap bersemangatlah dalam berjalan didalam jalan Allah. karena tujuan kita itu adalah akhirat, dan dunia bukanlah segalanya.

Sekian 3 Motivasi Muslim yang saya sampaikan. Semoga bermanfaat sobat...

Komentar